Roland VersaStudio BN-20 20" printer/cutter Sign Maker - Barometer Sticker Digital, Apparel Digital, dan Aneka Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Lemuel Digital Clothing
    Melayani Aneka Apparel (Aneka Sablon Digital, DTG, Print on Textile, dsb)
  • Lemuel Digital Creative
    Melayani Pembuatan Custom Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Digital Skin
    Melayani Custom Skin Gadget Digital, Aksessoris Gadget, dan Print Hard Case
  • Lemuel Digital Helmet
    Melayani Pembuatan Custom Helm Digital Berkualitas Pabrikan
  • Lemuel Digital Automotive
    Melayani Custom Stripping Motor, Die Cast, Branding Vehicle, dsb
  • Lemuel Digital Printing
    Melayani Cetak Digital Pada Umumnya (Aneka Sticker, Print A3+, Print Large Format, Photography, MMT, Aneka Banner, dsb)
KOLEKSI PRODUK TERBARU

Roland VersaStudio BN-20 20" printer/cutter Sign Maker



Roland VersaStudio BN-20 20" printer/cutter merupakan salah satu mesin kecil yang dikeluarkan oleh ROLAND DG CORPORATION. Mesin ini merupakan mesin PRINT & CUT terkecil untuk saat ini yang sudah menggunakan tinta berbasis ecosolvent. Mesin ROLAND BN-20 ini sudah menggunakan printhead GOLDEN HEAD atau DX7. 

ROLAND BN-20 merupakan Gambaran Umum Kecanggihan dari Mesin-mesin yang diproduksi ROLAND DG CORPORATION. Dimana awalnya ROLAND belum berniat memasukkan mesin ini ke Indonesia karena mereka lebih memilih pasar EROPA dan USA terlebih dahulu.

DATA MESIN
Nama                      : ROLAND VersaSTUDIO SIGN MAKER BN-20
Resolusi                  : Maksimal 1440 DPI
Area Cetak              : 50 inch atau 50 cm atau 0.5 m
Kecepatan               : 2 meter persegi per jam
Tinta                       : Ecosolvent (Indoor outdoor) system nozel, 5 warna CMYKSilver
Printhead                : Golden Printhead (Head 1 block dengan 10 channel warna)
Sistem bahan          : Rol to rol  dan atau sheet (lembaran)
Cutting                   : Dilengkapi fungsi cutting dan sensor optic
Software                 : ROLAND VersaWorks
Media cetak            : Photo paper, Canvas, Sticker Vinyl, Easy banner, Trisolve /Art,  Paper, Albatros,
PVC, Duratrans / Backlite Film, dll
Power                     : 90 watt
Harga                     : Rp.100.000.000  (Tidak termasuk ongkos kirim dan biaya akomodasi teknisi ke tempat anda, tidak termasuk tinta dan  tidak termasuk membership LeMuel (10jt) —> utk mendapatkan akses pembelian bahan khusus seperti bahan sablon kaos, bahan penguat sablon kaos, masking kaos dan sebagainya)

KELEMAHAN MESIN ROLAND BN-20

Ada baiknya anda memahami bahwa kelemahan yang muncul akibat ketidakcocokan kebutuhan produksi dengan fungsi mesin. Jadi kelemahan ini akan menjadi relative bagi setiap orang karena semua kembali lagi siapa yang memakai mesin ini.
Berikut beberapa kelemahan menurut RONIta Digital Printing :
  1. Lebar cetak hanya 50cm sehingga mesin ini tidak bisa mencetak x-banner ukuran 60cm. Hal ini bisa dimaklumi karena ROLAND tidak mau produk ini akan memakan produk mereka sebelumyang yang ukurannya 75cm dan 134cm. Jadi intinya ROLAND sengaja membuatnya dalam ukuran 50cm agar mesin-mesin ukuran di atasnya tetap laku.
  2. Kecepatan cetak rendah hanya sekitar 2 m persegi per jam. Kecepatan rendah ini memang sengaja diatur atau dideafult oleh ROLAND karena mereka memang menginginkan pemakai mesin ini mencetak dalam kualitas sempurna. Jadi ROLAND sengaja mengeluarkan mesin ini untuk cetak stiker, photo dan poster yang mana harus dicetak dalam resolusi tinggi dan kondisi resolusi tinggi ini hanya akan bisa dicapai dengan kecepatan mesin rendah.
  3. Tinta silver metallicnya belum bisa direfill atau isi ulang. Tentu ini akan memberikan tambahan biaya produksi ke kita sebagai user. Tapi anda tidak perlu kawatir karena ROLAND sudah memberikan pilihan jika anda tidak ingin menggunakan tinta silvernya maka bisa diganti dengan tinta magenta atau double magenta.

KEUNGGULAN MESIN ROLAND BN-20

Membicarakan keunggulan mesin ini harus dibarengi dengan kreatifitas yang tinggi karena mesin ini memang sangat cocok untuk industry kreatif. Sekali lagi industry kreatif, jadi bagi anda yang tidak suka dengan industry kreatif maka anda tidak akan memperoleh manfaat dari mesin ini sehingga jangan membeli mesin ini.
Mesin ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin memiliki industry kreatif kecil-kecilan dengan kualitas mesin yang sempurna, so mari kita bahas apa saja yang bisa dilakukan oleh mesin ROLAND BN 20 ini :
  1. Cetakannya Halus dan Lembut, dengan resolusi 1440 DPI dan kecepatan yang lambat maka mesin ini mampu mencetak dengan sangat halus walaupun ukuran cetaknya kecil. Di satu sisi kecepatan lambat ini memang mengganggu tapi bagi yang menginginkan cetak sticker dengan kualitas sempurna maka hal ini tidak akan masalah. Contoh dalam proses cetak helm digital mau pakai mesin besar atau mesin kecil kecepatannya sama2 harus lambat, nah jadi gak usah kawatir dengan kecepatan cetak kalo kita bermain di industry kreatif.
  2. Biaya perawatannya murah, ROLAND adalah mesin yang sangat mudah dirawat dan tidak rewel seperti mesin-mesin rakitan yang beredar di pasaran. Mudahnya perawatan ini tentunya akan menekan biaya perawatan mesin sehingga harga kita tetap bisa bersaing.
  3. Mesin memiliki 2 fungsi yang bisa digunakan secara bersamaan atau bergantian yaitu PRINT & CUT. Arti print & cut disini adalah mesin bisa mencetak di bahan sticker dan kemudian memotong sesuai polanya. Selain itu mesin ini juga bisa digunakan sebagai mesin cutting sticker, yaitu memotong bahan-bahan sticker cutting sesuai pola yang kita inginkan.
  4. Tinta ECOSOLVENT, tinta ecosolvent adalah tinta yang dapat diaplikasikan di dalam ruangan maupun luar ruangan. Tinta ini tahan air dan sinar matahari sehingga anda bisa mengaplikasikan cetakan anda dimanapun tanpa takut luntur atau pudar, untuk ketahanan yang lebih bagus anda bisa menambahkan proses laminasi atau clear coating.
  5. Tinta Silver, tinta silver atau metallic adalah tinta khusus yang apabila digabungnkan dengan warna-warna lain akan menghasilkan SPOT COLOR atau warna-warna khusus seperti warna emas, warna metallic, pink metallic, merah metallic dan sebagainya. Teknologi ini tidak dapat ditemui di semua jenis printer sehingga walaupun kecil tapi BN 20 sangat potensial untuk membuat produk kreatif dengan warna-warna kreatif pula. Disini tentunya diperlukan kejelian kita untuk mengeksplorasi agar warna-warna khusus itu bisa menjadi pembeda dengan hasil print mesin lain.
  6. Dilengkapi dengan software RIP ROLAND VersaWork yang sangat memudahkan kita dalam proses mencetak dan menghasilkan warna-warna indah sesuai keinginan kita. Software ini asli dari ROLAND bukan dari vendor lain sehingga dijamin hasilnya lebih mantap.
  7. ROLAND BN-20 adalah mesin canggih dengan biaya produksi murah, per m2 hanya membutuhkan tinta 6cc. Jika kita menggunakan tinta refill maka biaya per m2 hanya sekitar 3.000 rupiah, jika anda menggunakan tinta silver metallic maka hanya perlu tambah 5.000 per m persegi. Tentunya harga ini sangat terjangkau mengingat betapa canggihnya mesin ini. Sebagai contoh sticker 1 m2 modal cetak plus bahan adalah 35.000 dan dipasaran dijual dengan harga 100.000/m2. Keuntungannya sudah lebih dari 100%. Tapi ingat sekali lagi anda harus kreatif dalam membuat produknya.
CONTOH-CONTOH PRODUK HASIL MESIN ROLAND BN-20

1. Sticker HP / Sticker Laptop
2. Sticker Mobil / Sticker Motor


3. Sticker Helm

4. Cetak Photo


5. Sticker Pad / Sticker Tangki Motor








6. Sablon Digital Kaos


7. Sablon Digital Mug




8. Label atau decal (sticker yang dipotong sesuai pola)










9.Sticker Skin Laptop






10. Modifikasi Custom Gitar

 
11. Sticker Scotlite


12. Sticker Doming/Timbul/Resin

13. Sticker Vinyl
14. Layanan Lainnya 

——————————————————

GAMBARAN EKONOMI USAHA
Untuk memastikan apakah mesin ROLAND BN-20 layak dijadikan sandaran usaha maka kami mencoba membuat analisa ekonominya.
Investasi
  1. Pembelian mesin BN-20                          Rp.   100.000.000
  2. Pembelian mesin press                             Rp.       7.500.000 (optional)
  3. Mesin compressor utk helm                     Rp.       5.000.000 (optional)
  4. Daftar Membership LeMuel                     Rp.    10.000.000 (optional)
  5. Modal Kerja                                             Rp.    18.000.000 (utk beli bahan baku dan tidak harus sebesar ini)
                                     TOTAL                                   Rp. 140.500.000
Biaya Produksi
  1. Harga tinta ROLAND                                   Rp. 500.000/liter atau Rp. 500/ml
  2. Kebutuhan Cetak per 1m2                          6 ml / 6 cc atau Rp. 3.000/ml
Sehingga bisa disimpulkan untuk mencetak 1 m2 dibutuhkan biaya tinta sebesar Rp.3.000
Anda harus menambahkan biaya bahan dan biaya listrik serta biaya lainnya agar lebih mantap.
Misal Bahan Baku Sticker RITRAMA
  1. Harga Ritrama per 1m2                      Rp. 25.000
  2. Biaya listrik per 1 m2                         Rp.   5.000
  3. Biaya karyawan per 1 m2                   Rp. 10.000
TOTAL BIAYA PRODUKSI : Rp. 3.000 + Rp.40.000 = Rp. 43.000

Jadi biaya pembuatan sticker untuk 1 m2 adalah Rp. 43.000

Dengan cara yang sama anda bisa menghitung biaya untuk photo paper, poster, helm dan sebagainya (perhitungan detail akan kami ajarkan ketika instalasi mesin)

      1. Harga Jual & Margin

Untuk harga jual kita mengacu kepada harga umum yang berlaku di pasaran agar harga kita tidak terlalu murah atau terlalu mahal.
Contoh kasus adalah CETAK STIKER RITRAMA
Di pasaran harga cetak sticker RITRAMA adalah Rp. 90.000/m2
Jika tadi biaya produksi adalah Rp. 43.000 maka kita bisa menghitung marginnya sebagai berikut
MARGIN = Rp.90.000 – Rp. 43.000 = Rp. 47.000
Jika dalam 1 hari kita bisa menjual 10 m2 sticker dan kita buka 25 hari kerja selama sebulan maka MARGIN dalam sebulan adalah :
Rp. 47.000 x 10 x 25 = Rp. 11.750.000
       2. Waktu pengembalian modal
Dengan mengaju perkiraan margin dalam sebulan Rp. 11.750.000 maka kita bisa menghitung BEP atau waktu pengembalian modal sebagai berikut :
BEP = Modal Investasi / Margin = Rp. 140.500.000 / Rp. 11.750.000 = 11.96
Artinya dibutuhkan waktu 9,2 bulan untuk mengembalikan semua modal yang sudah kita keluarkan.
BEP atau waktu pengembalian modal ini bisa lebih cepat jika kita mampu menjual sticker lebih banyak atau kita membuka layanan jasa yang lebih banyak sehingga pemasukan tidak hanya dari stiker.
Mengacu kepada analisa usaha di atas maka membeli mesin ROLAND BN-20 sangatlah menguntungkan. Akan tetapi hal semacam ini tidak bisa anda jadikan patokan pasti karena lain tempat akan lain situasi dan kondisinya. Untuk itu sebaiknya anda melakukan survey pasar dan benar-benar sudah memastikan bahwa anda serius dalam menjalani usaha ini.


Lemuel Digital Printing
Jl. Kedungmundu Raya No.53
Semarang 50274
Phone : 024-6722241 
Pin BB: 21B17EB2
Fast Respon : 024-70953004 
Email : lemueldigitalprinting@gmail.com

Lokasi Lemuel

Produk Kami Lainnya :

Post a Comment

 
ibs(idblogsite)