MENGATUR PERSEDIAAN TINTA UNTUK PENGUSAHA DIGITAL PRINTING SANGAT PENTING LO... - Barometer Sticker Digital, Apparel Digital, dan Aneka Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Lemuel Digital Clothing
    Melayani Aneka Apparel (Aneka Sablon Digital, DTG, Print on Textile, dsb)
  • Lemuel Digital Creative
    Melayani Pembuatan Custom Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Digital Skin
    Melayani Custom Skin Gadget Digital, Aksessoris Gadget, dan Print Hard Case
  • Lemuel Digital Helmet
    Melayani Pembuatan Custom Helm Digital Berkualitas Pabrikan
  • Lemuel Digital Automotive
    Melayani Custom Stripping Motor, Die Cast, Branding Vehicle, dsb
  • Lemuel Digital Printing
    Melayani Cetak Digital Pada Umumnya (Aneka Sticker, Print A3+, Print Large Format, Photography, MMT, Aneka Banner, dsb)
KOLEKSI PRODUK TERBARU

MENGATUR PERSEDIAAN TINTA UNTUK PENGUSAHA DIGITAL PRINTING SANGAT PENTING LO...

Tinta adalah salah satu komponen sanagat vital bagi kelancaran sebuah usaha digital printing. Sering banget orderan tidak bisa segera jalan karena stock tinta kosong. Apalagi jika kita menggunakan tinta original yang memang stocknya terbatas.

Kuncinya adalah kita harus berani STOCK TINTA. Akan tetapi berani stock tinta aja tidaklah cukup jika kita sudah berhadapan dengan tinta yang ada masa kadaluarsanya. Tinta yang ada kadaluarsanya adalah tinta UV dan sebenarnya semua tinta ada masa expirednya tetapi tinta UV masa expirednya lebih pendek yaitu hanya 6 bulan.

Saya adalah penggemar tinta refill tetapi sejak menggunakan mesin UV & mesin ROLAND untuk STRIPPING motor maka mau ndak mau saya harus menggunakan tinta original. Paling memusingkan saat ditengah2 kerja kami kehabisan tinta dan harus lari2 ke vendor minta tinta. Tapi seringnya vendor juga kosong dan akhirnya orderan jadi nunggu atau molor dari jadwal.

Keadaan ini akhirnya kami siasati dengan cara membuat sistem Persediaan (Inventory Control), System ini saya dapatkan di salah satu mata Kuliah dulu Teknik Industri di Yogyakarta dulu, yang bersyukur apa yang saya pelajari dapat diaplikasikan di Dunia Usaha, Melalui Perhitungan Kalkulasi akhirnya saya mendapatkan pola sebagai berikut:

1. Tinta di dalam mesin harus selalu terisi minimal 50% jadi tidak boleh di bawah 50% dari kapasitas tangki tinta.
2. Di Persediaan untuk "Safety Stock" harus selalu ada 2 botol tinta sebagai persediaan sehingga selalu ada cadangan untuk mengatasi hal-hal tak terduga, nah agan-agan yang tidak mengerti "Safety Stock" inilah yang dimaksud "Safety Stock".
3. Warna atau tinta yang paling sering dipakai di Persediaannya harus dalam jumlah banyak setidaknya 2x lipat tinta lainnya.
4. Menyediakan Dana Cash untuk membeli tinta agar tidak kehabisan jatah. Ini kami lakukan sebagai Tindakan Cadangan buat vendor untuk mengutamakan kami yang bayar pakai Cash, bukan kredit, atau Tempo.

Jadi setiap hari ditempat kami ada bagian yang harus rutin mengecek/kontrolling kondisi tinta baik dari operartor, bagian Konsumtif dan supervisor toko.

Nah dengan begitu maka persediaan tinta akan relatif aman terkendali

Tinta ori cukup mahal karena per katridge harganya rata-rata di kisaran 2jt rupiah, jadi kalo kami ada 2 mesin dengan jumlah warna 6 maka ada 12 jenis tinta yang harus di stock. Nah mengacu pada sistem stock tinta tadi maka kami harus mengeluarkan modal sebesar 12 x 2 (jumlah katridge ) x 2jt = 48jt.

Nilai sebesar itu bisa untuk bertahan sampai 6 bulan sesuai expirednya. Otomatis per bulan kita harus mencari orderan sebesar 8jt hanya untuk menjaga persediaan tinta stabil.

Ya sungguh sebuah angka yang tidak sedikit bagi kami dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Itulah kenapa kami harus bener-bener ketat dengan perhitungan harga kami, tidak asal banting-bantingan harga mengikuti orang yang tidak berbisnis dengan benar. Intinya semua harus benar-benar diperhitungkan karena semua memang perlu begitu.

Jadi akan semakin sulit bagi agan yang di luar kota atau di daerah yang jauh karena ada biaya transport yang lebih mahal. Tapi semua pasti akan ada jalan keluar asal kita bisa mengaturnya dengan cermat & teliti.

Salam Kreatif

Produk Kami Lainnya :

Post a Comment

 
ibs(idblogsite)