KENDALA DALAM USAHA DIGITAL PRINTING - Barometer Sticker Digital, Apparel Digital, dan Aneka Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Lemuel Digital Clothing
    Melayani Aneka Apparel (Aneka Sablon Digital, DTG, Print on Textile, dsb)
  • Lemuel Digital Creative
    Melayani Pembuatan Custom Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Digital Skin
    Melayani Custom Skin Gadget Digital, Aksessoris Gadget, dan Print Hard Case
  • Lemuel Digital Helmet
    Melayani Pembuatan Custom Helm Digital Berkualitas Pabrikan
  • Lemuel Digital Automotive
    Melayani Custom Stripping Motor, Die Cast, Branding Vehicle, dsb
  • Lemuel Digital Printing
    Melayani Cetak Digital Pada Umumnya (Aneka Sticker, Print A3+, Print Large Format, Photography, MMT, Aneka Banner, dsb)
KOLEKSI PRODUK TERBARU

KENDALA DALAM USAHA DIGITAL PRINTING

Tidak ada usaha yang bebas dari kendala dan masalah, oleh karena itu sebaiknya anda mempelajari kendala apa saja yang biasa timbul di usaha digital printing. Kebanyakan orang hanya siap dengan hal yang enak-enak saja seperti dapat order besar, dapat untung besar, dapat pelanggan banyak tapi tidak siap menghadapi bagaimana mengatasi persaingan harga, bagaimana jika operator mesin keluar, bagaimana jika mesin ngadat dan sebagainya.

Untuk itu mari kita pelajari beberapa kendala yang umum terjadi di usaha digital printing sebagai berikut :


1. Kerusakan mesin, kendala ini pasti akan terjadi karena sebaik apapun mesin pasti ada kemungkinan rusak. Kerusakan mesin ini bisa disebabkan karena faktor luar dari mesin dan bisa juga karena faktor dalam. Faktor luar seperti operator, pemakaian bahan dan lingkungan ruangan mesin. Jangan pernah meremehkan peran operator mesin karena merekalah kunci sukses kita menjalankan mesin kita, ada baiknya anda selalu mendidik operator anda dengan baik, bila perlu anda ikutkan dia pelatihan atau kursus atau anda datangkan trainer agar kemampuan mereka selalu terasah. Kalo di Lemuel, kami selalu memberi buku bacaan kepada operator saya dan mengajak mereka langsung melakukan testing terhadap hal-hal baru. Sebagai owner anda tetap harus bisa juga karena jika sekali-kali operator keluar maka anda tidak akan kelabakan seperti ikan kehilangan air.

Lingkungan ruang kerja juga bisa menyebabkan mesin rusak jika suhu ruangan tidak sesuai permintaan mesin, ada mesin yang mengharuskan ruangan ber-AC ada yang tidak. Tapi yang paling utama adalah kebersihan ruang kerja, jangan sampai gara-gara kotor sehingga di dalam ruang kerja banyak tikus atau kecoak yang bisa membuat mesin anda rusak. Banyak terjadi mesin digital printing rusak karena digigit atau dikencingi tikus, ini seperti cerita konyol tapi begitulah adanya, hanya karena hewan kecil kita harus hilang uang jutaan rupiah dan yang lebih menjengkelkan usaha kita jadi tersendat. 
Pemakaian bahan cetak juga harus diperhatikan karena ketika anda salah memilih bahan akan menyebabkan mesin anda lebih cepat rusak terutama komponen yang namanya printhead. Sebagai contoh jika mesin roland digunakan untuk mencetak frontlite tipis yang banyak serabutnya akan lebih cepat rusak dibandingkan jika menggunakan frontlite yang tebal.
Lingkungan luar yang bisa merusak mesin adalah listrik, tegangan listrik yang naik turun seperti harga sembako sering menjadi kambing hitam kerusakan mesin dan memang begitulah adanya. Karena pasokan listrik yang tidak stabil menyebabkan printhead cepat soak atau motherboad kebakar sehingga kita harus mengeluarkan biaya banyak untuk memperbaikinya. Oleh karena itu pastikan daya listrik anda sesuai dengan kebutuhan mesin dan gunakan UPS agar pasokan listrik anda stabil, selain itu jangan lupa melakukan grounding agar mesin-mesin kita aman dari ancaman kelebihan listrik dan petir. Faktor dalam mesin yang bisa menyebabkan kerusakan adalah kualitas dari mesin itu sendiri, banyak pengusaha yang berpikir menggunakan sparepart murah akan menghemat biaya padahal pada kenyataannya sparepart murah akan mempengaruhi kinerja mesin dan membuat mesin lebih cepat rusak. Ibaratnya seperti mobil mercedes anda kasih bahan bakar solar.

2. Masalah karyawan, karyawan adalah penggerak usaha yang paling utama dan mereka jauh lebih berharga dibandingkan mesin-mesin yang canggih. Untuk itu kita harus bisa memaintenance karyawan kita agar mereka betah bekerja di tempat kita. Kebanyakan pelaku digital printing yang sukses selalu memiliki team karyawan yang solid dan bermental baja. Untuk mendapatkan team yang solid dan hebat maka kita harus mampu mendorong bagaimana karyawan bisa lebih maju dan tetap mau belajar untuk hal-hal yang baru. Sebagian pelaku usaha printing yang sudah maju tidak segan untuk menyekolahkan atau memberi pelatihan untuk karyawannya dengan mengundang trainer atau mengikutkannya ke program pelatihan tentang printing.


3. Teknologi cetak digital, seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi dalam dunia cetak sangat cepat, untuk itu kita tidak boleh gagap dan ketinggalan zaman karena sedikit saja kita ketinggalan maka kita akan termakan oleh perkembangan cetak digital itu sendiri. Sebagai contoh, ketika teman saya membeli ROLAND VP 540i, mesin tersebut adalah mesin paling canggih dikelasnya. Akan tetapi begitu kagetnya teman saya ketika hanya dalam 4 bulan sudah keluar ROLAND VS540 yang jauh lebih canggih. Dalam waktu 4 bulan sangat tidak mungkin bagi teman saya untuk mengganti mesin, oleh karena itu saya mencoba mengotpimalkan mesin VP540i seoptimal mungkin dengan menciptakan produk-produk baru dan sembari itu saya mempelajari mesin baru vs540. Dari proses ini akhirnya saya tetap bisa mendapat order walau saya masih menggunakan mesin tipe lama. Sekali lagi bukan mesinnya yang jadi penentu utama tapi kitalah yang menjadi penentunya.


4. Masalah keuangan / sistem pembayaran, banyak pemain pemula takut kehilangan order jika tidak memberi kemudahan pembayaran kepada klien.


Contohnya kita sering tidak meminta DP kepada konsumen atau memberi waktu pembayaran yang terlalu lama kepada konsumen. Hal seperti ini dapat anda lakukan jika konsumen benar-benar bisa terpercaya dan tentunya ada jaminan semisal cek atau giro. Banyak pelaku usaha digital printing yang memberikan DP dibawah 50% dan barang boleh dibawa terlebih dahulu oleh konsumen tapi pada akhirnya sisa pembayaran tidak terpenuhi. Jika hal ini yang terjadi maka siap-siaplah usaha kita tutup tikar. Lemuel memiliki pengalaman seperti ini di awal-awal usaha, bahkan konsumen yang kita pegang saat itu adalah keluarga, karena asal percaya aja kita tidak pernah meminta DP dan pelunasan sebulan kemudian. Tapi yang terjadi akhirnya semua tagihan tak terbayar dan Lemuel kehabisan dana untuk belanja bahan baku. Untuk itu sudah sepatutnya kita tegas dengan aturan pembayaran agar perputaran uang usaha lancar, biasanya konsumen yang baik dan terpercaya adalah konsumen yang mau mengikuti aturan pembayaran yang tidak merugikan kedua belah pihak. Keuangan atau aliran kas yang baik akan sangat membantu usaha kita memperoleh pinjaman dari bank sehingga kita bisa mengembangkan usaha sesuai kebutuhan dan mengikuti perkembangan teknologi.

5. Masalah bahan baku, masalah ini biasanya dialami oleh pelaku usaha di daerah karena anda harus memikirkan stock dan biaya pengiriman. Untuk itu anda harus benar-benar memiliki stock untuk setiap jenis bahan. Di Indonesia secara umum suplier bahan terbagi menjadi dua yaitu Jakarta dan Surabaya untuk wilayah Indonesia Timur. Perbanyak jaringan suplier maka usaha anda akan lebih lancar.


6. Masalah listrik, listrik adalah kebutuhan vital dan seperti yang kita ketahui bahwa PLN sering melakukan pemadaman apalagi untuk daerah di luar pulau Jawa. Agar operasi usaha tidak terganggu sebaiknya anda memiliki genset. Genset harus disetup sesuai dengan kebutuhan listrik dari mesin-mesin yang anda punya.


Mesin cetak digital umumnya sangat rentan terhadap tegangan listrik, ada baiknya anda memasang UPS di setiap mesin yang anda miliki untuk mengantisipasi kerusakan mesin akibat naik turunnya tegangan.
 

7. Masalah promosi, sebagai upaya untuk memperkenalkan usaha promosi adalah wajib. Promosi yang baik harus tepat pasaran sesuai target yang kita bidik. Promosi bisa dibuat dengan cara mudah melalui facebook, blog atau website.

Dengan mengetahui beberapa kendala yang sering muncul seperti di atas maka kita bisa membuat antisipasi agar kendala-kendala tersebut tidak menghambat laju roda usaha kita.

Produk Kami Lainnya :

Post a Comment

 
ibs(idblogsite)