Media Cetak Digital Printing - Barometer Sticker Digital, Apparel Digital, dan Aneka Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Lemuel Digital Clothing
    Melayani Aneka Apparel (Aneka Sablon Digital, DTG, Print on Textile, dsb)
  • Lemuel Digital Creative
    Melayani Pembuatan Custom Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Digital Skin
    Melayani Custom Skin Gadget Digital, Aksessoris Gadget, dan Print Hard Case
  • Lemuel Digital Helmet
    Melayani Pembuatan Custom Helm Digital Berkualitas Pabrikan
  • Lemuel Digital Automotive
    Melayani Custom Stripping Motor, Die Cast, Branding Vehicle, dsb
  • Lemuel Digital Printing
    Melayani Cetak Digital Pada Umumnya (Aneka Sticker, Print A3+, Print Large Format, Photography, MMT, Aneka Banner, dsb)
KOLEKSI PRODUK TERBARU

Media Cetak Digital Printing

BAHAN / MEDIA CETAK

Media cetak digital printing sangat banyak jenis dan merknya. Bahan biasanya disesuaikan dengan jenis mesinnya walaupun namanya sama, misal Photo Paper ada yang untuk waterbased, solventbased dan atau tonerbased. Biasanya media berbasis waterbased tidak bisa dicetak di solvent based dan begitu pula sebaliknya.
Berikut beberapa media cetak yang umum digunakan di mesin cetak digital printing :
 
1. Frontlite / MMT / Vinyl, sering digunakan untuk spanduk, baliho atau poster ukuran besar. Bahan ini cocok untuk dipakai di luar ruang karena cukup tahan cuaca dan sinar matahari. Ada banyak jenisnya biasanya dibedakan menjadi frontlite china, frontlite korea, frontlite jerman. Selain dari merk juga dibedakan gramasi atau ketebalannya, ada yang 200gsm, 340gsm, 440 gsm dan seterusnya, semakin besar angka gramasi maka semakin tebal bahannya. Sifat bahan frontlite terutama yang China sangat mudah melengkung oleh
karena itu biasanya diberi lebihan pada pinggir cetakan untuk dilipat ke dalam agar hasil cetakan tidak terlalu melengkung.

2. Backlite frontlite, merupakan bahan untuk membuat neonbox karena cetakan menggunakan bahan ini akan menyala ketika disinari lampu dari belakang. Bentuk fisiknya sama dengan frontlite begitu pula merk dan gramasinya.

3. Backlite Film, sama dengan backlite frontlite tapi dia berbentuk seperti plastik yang permukaannya halus, bahan ini biasanya digunakan untuk backlite indoor/di dalam ruang.

4. Sticker vinyl, yaitu bahan yang memiliki lem pada bagian belakangnya dan terbuat dari pvc, bersifat lentur dan tahan terhadap air. Biasa digunakan untuk saran reklame seperti branding mobil, wallpaper, label produk, cover laptop, cover hp dan sebagainya. Jenis bahan sticker sangat banyak.

5. Photo paper atau biasa disebut high glossy paper, merupakan bahan yang sangat mengkilat sehingga sering digunakan untuk mencetak photo, cover dan poster.

6. Canvas, merupakan bahan yang terbuat dari kain katun dengan tekstur kasar, bahan ini biasa digunakan untuk mencetak photo atau lukisan sebagai hiasan dinding.
 
7. Albatros merupakan kertas sintetis yang tidak bisa robek dan memiliki sifat doff. Biasa digunakan untuk cetak photo, poster, banner dan peta. Albatros ada yang berbentuk sticker dan biasa disebut sticker sintetis.
 
8. Kertas inkjet, kertas bercoating yang khusus ditujukan untuk printer waterbased, kertas ini biasa digunakan untuk cover buku, sampul cd dan photo.

9. Oneway vision, yaitu bahan sticker yang memiliki lubang kecil-kecil sehingga kita cetak dan tempel di kaca akan memiliki efek riben yaitu dari dalam bisa melihat luar tapi dari luar tidak bisa melihat kedalam (yang terlihat adalah gambar yang kita cetak di media tersebut).
 
10. Oscar atau kulit sintetis, tidak semua mesin cetak digital dapat mencetak di bahan ini, umumnya yang bisa mencetak bahan ini adalah mesin berbasis tinta ecosolvent dan harus ada settingan khusus. Bahan ini biasa digunakan untuk jok mobil, jok motor, tas, cover sofa, wallpaper dan sebagainya.

11. Poliurethen/PU/Printable flex, bahan sablon digital yang bersifat seperti karet sehingga hasil sablon tidak akan rontok ketika ditarik.

12. Decal paper, sebenarnya masih bisa dikatakan sebagai saudaranya sticker, bahan ini sangat menyerap air dan biasa digunakan untuk sablon di benda-benda yang tidak rata seperti helm, mug, piring, mainan anak-anak atau modelling, souvenir dan sebagainya. Decal umumnya dicetak menggunakan sablon manual tapi Lemuel sudah memiliki produk decal yang bisa dicetak di mesin FujiXerox dan Roland.

Masih banyak jenis bahan yang tidak bisa disebutkan semua disini, ikutilah pameran digital printing secara rutin agar anda memperoleh info tentang jenis-jenis bahan terbaru. Sebaiknya ketika membeli mesin anda juga sudah memiliki suplier bahan yang rutin sehingga ketersedian bahan tidak tersendat. Ketersediaan bahan akan sangat membantu kelancaran usaha digital printing. Semakin variatif bahan atau media cetak kita maka konsumen yang bisa kita jaring semakin banyak.

Produk Kami Lainnya :

Post a Comment

 
ibs(idblogsite)