SISTEM ORGANISASI USAHA ITU PENTING LO...!!! - Barometer Sticker Digital, Apparel Digital, dan Aneka Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Lemuel Digital Clothing
    Melayani Aneka Apparel (Aneka Sablon Digital, DTG, Print on Textile, dsb)
  • Lemuel Digital Creative
    Melayani Pembuatan Custom Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Digital Skin
    Melayani Custom Skin Gadget Digital, Aksessoris Gadget, dan Print Hard Case
  • Lemuel Digital Helmet
    Melayani Pembuatan Custom Helm Digital Berkualitas Pabrikan
  • Lemuel Digital Automotive
    Melayani Custom Stripping Motor, Die Cast, Branding Vehicle, dsb
  • Lemuel Digital Printing
    Melayani Cetak Digital Pada Umumnya (Aneka Sticker, Print A3+, Print Large Format, Photography, MMT, Aneka Banner, dsb)
KOLEKSI PRODUK TERBARU

SISTEM ORGANISASI USAHA ITU PENTING LO...!!!

Sebagai seorang pengusaha, saya pasti juga menjadi konsumen juga misal saya adalah konsumennya ROLAND, saya konsumennya BANK, saya juga konsumen suplier2 bahan.

Tentu menyenangkan kalo kita dapat layanan prioritas dari mereka, misal kalo saya datang langsung ditemu oleh bosnya atau ownernya. Tapi ternyata kondisi tidak selalu begitu, saya lebih sering dilayani oleh salesnya walau saya juga punya akses untuk langsung ke bos nya tapi si bos selalu berusaha menghindar secara halus.

Misal seperti di NASMOCO Toyota, mungkin sudah ndak terhitung berapa banyak kendaraan yang dibeli melalui refrensi saya, terutama keluarga. berapa banyak kerjasama pengadaan kendaraan untuk instansi dengan mereka tetapi,  ketika saya giliran mau membeli kendaraan TIDAK PERNAH DILAYANI OLEH BOSSnya langsung. Tetap saja yang melayani adalah sales-sales sesuai divisinya. Tapi kalo untuk urusan yang penting banget baru saya akan kontak dengan boss nya tapi selanjutnya tetap akan ditindaklanjuti para crewnya.

Awalnya saya juga kesal karena merasa tidak diperhatikan dan pernah berpikiran ingin pindah showroom  saja, mungkin di tempat lain boss nya mau melayani saya. Ah ternyata di HONDA pun saya juga ndak ketemu bosnya karena bossnya ada di luar kota dan jarang di Indonesia. 

Pernah Suatu ketika untuk pengadaan Mesin Roland, saya mengkontak langsung pimpinan pusat Roland di Jakarta,  akhirnya yang memfollow up juga crew Area  Jawa Tengahh pak Danang.

Melewati Pengalaman berbagai bidang usaha tersebut. Dari situ akhirnya saya paham satu hal yaitu bahwa semua perusahaan yang mapan memiliki SISTEM ORGANISASI USAHA. Saya sadar para big boss itu tidak mau melayani saya secara langsung bukan karena tidak peduli atau katakanlah tidak menghargai saya tetapi mereka harus patuh dengan sistem organisasi usaha yang telah mereka buat dan sepakati dengan crew nya. Jadi setiap orang sudah memiliki fungsi dan tugas masing-masing dalam perusahaan tersebut, sehingga jika bossnya selalu mengambil alih tugas sales atau kepala toko atau kepala produksinya maka sistem usaha tidak akan berjalan dan karyawan juga tidak akan mandiri atau berkembang. Nanti malah terjadi de-sentralisasi dimana kalo ndak ada boss nya maka kegiatan usaha tidak berjalan.

Selain itu saya akhirnya memahami bahwa para big boss itu kerjaannya pergi-pergi terus untuk mencari hal baru yang bisa ditambahkan dalam list jualan mereka sehingga perusahaannya bisa berkembang mengikuti perkembangan zaman. Jadi wajar kalo boss2 itu sampe ndak punya waktu melayani saya.

Nah dari pemikiran itulah akhirnya saya berusaha mengikuti pola kerja mereka, saya hapalin kalo bagian nagih siapa, bagian sales nyiapin mesin siapa, bagian kepala toko yang bisa saya ajak nego siapa. Setelah semua saya hapalin maka kebutuhan saya pun juga lancar. Orderan saya tidak pernah telat, layanan PRIORITAS pun tetap saya dapat (walau hanya dilayani karyawan) dan semuanya pun menjadi senang karena si big boss ROLAND pun selalu bilang kalo mereka selalu memperhatikan dan Mensupport LeMuel Creative Printing (bukan ownernya nya tapi LeMuel sebagai perusahaan) sebagai partner yang strategis.

Di sisi lain saya pun juga akhirnya begitu, saya juga menerapkan sistem organisasi usaha seperti perusahaan2 tersebut. Saya membentuk divisi walau kecil2an untuk mengurusi semua kegiatan usaha di LeMuel sehingga saya bisa fokus untuk pengembangan produk LeMuel dan toko online kami.

Nah intinya..untuk sukses itu jangan manja, jangan suka merengek-rengek seperti anak kecil, jangan suka marah, jangan suka emosi kalo misa ada ketidaksalahan karena namanya manusia juga pasti ada salahnya. Sifat-sifat seperti ini biasanya sangat dihindari oleh pemain2 bisnis berpengalaman. Saya pernah melihat Seorang pelanggan yang marah-marah sampe gebrak2 meja di tempat usaha teman. mungkin bagi dia itu keren dan bisa membuat semua orang takut. Padahal pada kenyataannya dia juga ndak dapat apa2.

Malah saya salut dengan reseller2 LeMuel kalo menyampaikan masukan lebih santun dan enak dimengerti oleh kami sehingga kami pun juga bisa mencerna dan meresponnya dengan baik.

Jadi begitulah seharusnya…jangan terlalu meninggikan diri kita kalo mau sukses..kita harus bisa bekerjasama dengan semua pihak. Tetap kalem dan tenang dalam menjalankan roda usaha yang memang bisa membuat emosi naik tapi kita tetap harus bisa mengontrolnya.

Bantulah vendor anda untuk menjadi profesional dengan sikap kita yang profesional juga jangan cuman asal menuntut. Misal bayar tagihan rutin atau tidak nunggak2, trus pesen barangnya kontinyu tidak hanya sekali-kali, sediakan waktu untuk diskusi dengan mereka agar kerjasama semakin baik. saya yakin dengan menebar kebaikan dulu maka kita juga akan mendapatkan kebaikan pula.
Keberhasilan bukan diraih dengan emosi marah-marah
Keberhasilan bukan diraih dengan mencemooh atau mempermalukan orang di depan umum
Keberhasilan  itu bukan suka menekan pihak lain dengan kekuasaan kita
Keberhasilan  itu bukan hak kita sendiri tapi juga hak orang lain juga
Begitulah bisnis …kepala dan hati harus tetap dingin..kita harus tetap bijak walaupun kadang kena semprot yang bisa membakar hati.
ayo bareng-bareng mencapai keberhasilan, jangan sendirian, banyak sharing akan memperkaya wawasan dan memudah kita memperbaiki layanan usaha kita.

salam kreatif.

Produk Kami Lainnya :

Post a Comment

 
ibs(idblogsite)