PERKEMBANGAN TEKNOLOGI CETAK DIGITAL - Barometer Sticker Digital, Apparel Digital, dan Aneka Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Lemuel Digital Clothing
    Melayani Aneka Apparel (Aneka Sablon Digital, DTG, Print on Textile, dsb)
  • Lemuel Digital Creative
    Melayani Pembuatan Custom Produk Kreatif Berbasis Digital Printing
  • Lemuel Digital Skin
    Melayani Custom Skin Gadget Digital, Aksessoris Gadget, dan Print Hard Case
  • Lemuel Digital Helmet
    Melayani Pembuatan Custom Helm Digital Berkualitas Pabrikan
  • Lemuel Digital Automotive
    Melayani Custom Stripping Motor, Die Cast, Branding Vehicle, dsb
  • Lemuel Digital Printing
    Melayani Cetak Digital Pada Umumnya (Aneka Sticker, Print A3+, Print Large Format, Photography, MMT, Aneka Banner, dsb)
KOLEKSI PRODUK TERBARU

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI CETAK DIGITAL

Sebagai pelaku usaha cetak digital hukumnya wajib untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia cetak digital. Semakin hari tekonologi cetak digital semakin canggih dan perkembangannya sangat cepat. Untuk itu anda perlu rutin mengikuti pameran atau membaca info-info tentang perkembangan tersebut sehingga tidak tertinggal oleh pemain lain.

Beberapa tekonologi cetak digital yang sedang berkembang saat Artikel ini dibuat adalah sebagai berikut :

1. Tinta putih dan metalic, ROLAND sebagai salah satu perusahaan ternama sebagai penghasil mesin cetak digital pada akhir tahun 2010 meluncurkan sebuah mesin cetak yang dilengkapi dengan tinta putih dan metalic, untuk tinta putih sebelumnya sudah dikenal akan tetapi untuk tinta metalic baru pertama kali diperkenalkan untuk mesin digital print. Dengan tinta putih kita bisa mencetak di bahan transparan dengan lebih jelas dan solid sedangkan menggunakan tinta metalic kita akan memperoleh warna emas dan silver yang begitu riil dimana kedua warna tersebut sangat susah dihasilkan jika menggunakan standar tinta biasa.


2. Printhead Epson DX 7, Epson sebagai pemasok printhead untuk mesin ROLAND, MIMAKI dan MUTOH mengeluarkan jenis printhead terbaru yang diklaim jauh lebih cepat dan lebih halus hasil cetakannya dibandingkan generasi sebelumnya. Apalagi dengan Gold Print Headmaka kualitas cetakan aan semakin sempurna.

3. Cetak langsung di atas kain, ya perkembangan print on textile ini sangat diminati karena dengan mesin-mesin digital terbaru kita bisa mencetak langsung di berbagai jenis kain. Untuk melakukan ini kita perlu merubah tinta dan sedikit melakukan modifikasi terhadap mesin kita. Modifikasi yang umum dilakukan adalah mengganti tinta dengan jenis pigment khusus kain dan menambah heater atau pemanas serta membuat parit penampung kelebihan tinta. 
Jika kita tak ingin repot melakukan modifikasi kita juga bisa langsung membeli mesin yang memang diperuntukkan untuk kain. Vendor mesin sekelas ROLAND, MIMAKI dan MUTOH memiliki mesin jenis ini. Aplikasi dari mesin-mesin cetak kain ini untuk membuat baju renang, tas, sepatu, baju dan lain sebagainya.


Mesin cetak ROLAND Hi-Fi Express FP-740 Untuk tinta sublim




















Contoh hasil cetakan mesin di atas kain



Masih mengusung konsep yang sama yaitu mencetak secara langsung di atas kain, muncul juga printer yang cukup diminati yaitu DTG atau mesin cetak langsung di atas kaos. Printer ini mampu mencetak langsung di atas kaos dengan kualitas photo dan tanpa minimal order. Kehadiran mesin ini benar-benar semakin menambah ragam mesin cetak digital yang masuk ke Indonesia. Bagi anda yang ingin terjun di dunia distro atau sablon digital unik maka mesin seperti ini bisa anda pertimbangkan. Mesin DTG ini sebenarnya hasil modifikasi mesin printer epson desktop yang dirubah sistemnya menjadi sistem flatbed dan diganti tintanya dengan jenis pigment kain. Kelemahan yang paling umum ditemui adalah masalah printhead, karena printhead tidak dirancang khusus untuk tinta kain maka anda harus siap-siap sering menggantinya. 
Ada juga mesin DTG yang berkualitas dan benar-benar dibuat khusus untuk cetak kaos seperti produknya KORNIT dari Israel tapi harganya cukup membuat pusing kepala yaitu sekitar 1 M. jika saya masih memilih metode transfer paper menggunakan mesin ROLAND, kenapa? Just call me….he he he.
 
Mesin DGT KORNIT
4. Mesin Flatbed, mesin flatbed adalah mesin multifungsi karena mampu mencetak berbagai jenis bahan mulai dari yang lentur sampai yang rigid. Contoh cetakan yang mampu ditangani mesin ini seperti kertas, sintetis paper, sticker, kaca, keramik dan kayu. Mesin flatbed ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan kualitas sempurna karena tinta UV yang digunakan mampu menempel di berbagai jenis media dan mampu bertahan dengan sangat baik untuk indoor ataupun outdoor. Mesin ini juga cukup mahal tapi sangat imbang dengan berbagai produk yang mampu dihasilkan. 
 
Mesin flatbed multifungsi di berbagai jenis bahan


ROLAND juga mengeluarkan mesin jenis tinta UV tapi tidak flatbed bentuknya seperti mesin ROLAND secara umum tapi menggunakan tinta UV, namaya ROLAND LEC, mesin ini mampu mencetak di berbagai media seperti kulit, sticker, kertas dan plastik. Mesin ini juga membuat cetakan timbul sehingga anda akan mendapatk efek cetakan yang begitu menakjubkan.
 
Mesin ROLAND LEC yang bisa mencetak timbul


5. Tinta Latex, ini merupakan jenis tinta terbaru yang diperkenalkan oleh HP. Dengan tinta latex maka mesin dapat mencetak di berbagai jenis media dan hasil cetakannya sangat lembut atau halus.
 
HP Latex 3000



6. HP Indigo, merupakan mesin cetak digital sekelas mesin offset, tidak menggunakan toner tapi berupa tinta yang bentuknya pasta sehingga hasil cetakan sangat halus dan hampir setara dengan mesin offset. Mesin indigo memiliki kemampuan cetak sangat cepat dan hampir di semua media kertas bisa. Harganya yang mahal tidak menghalangi percetakan-percetakan besar untuk memilikinya. Anda tidak harus membelinya di awal usaha, cukup kenali dan manfaatkan layanannya, nanti kalo sudah ada modal baru dibeli.
 
Mesin cetak supercepat sekelas mesin offset



7. Mencetak sticker menggunakan mesin laser atau toner, umumnya pengguna mesin laser tidak mau mencetak sticker vinyl menggunakan mesinnya karena hasil cetakan rontok dan bisa merusaka mesin ketika vinil leleh. LeMuel sebagai salah satu digital printing kreatif telah berhasil mencetak di berbagai media sticker vinyl yang aman untuk mesin laser. Bahkan kami bisa mencetak di bahan schotlite 3M, dimana orang akan berkata hasil cetakan akan rontok. dengan teknik khusus kami melanggar pakem tersebut dan menghasilkan terobosan dalam Offset Digital Mesin Laser , menggunakan teknik khusus maka sticker vinil kami modifikasi agar bisa mengikat toner dengan baik dan tidak mudah meleleh ketika melewati pemanas mesin cetak laser. Hasil cetakan mesin laser yang sangat halus jika dibandingkan mesin ROLAND, MIMAKI atau MUTOH memberikan jalan bagi kita untuk membuat sticker label, sticker dengan huruf kecil-kecil dan cetakan sticker mini lainnya dengan cara sangat mudah. LeMuel dapat mencetak sticker khusus dalam ukuran A3+, sehingga harga lebih terjangkau.
Lemuel juga memiliki berbagai pengembangan usaha seperti cetak helm digital dan mug menggunakan mesin Roland dan FujiXxerox. Semua perkembangan itu kami lakukan untuk menyiasati mahalnya harga-harga mesin khusus seperti mesin flatbed. Dengan melakukan inovasi maka dengan mesin yang sudah ada atau boleh dibilang biasa kita bisa mengikuti ritme mesin-mesin canggih tersebut.
Berbagai perkembangan tersebut akan terus maju secara cepat, oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk selalu memantau perkembangan tersebut. Anda harus rajin buka internet, harus rajin ikut pameran dan sharing dengan pelaku usaha digital printing lainnya.
Disinilah pentingnya kita harus memiliki relasi dengan sesama pelaku usaha digital printing, harus memiliki hubungan yang baik dengan suplier dan vendor mesin karena dengan hubungan baik itulah kita bisa menjaga ritme usaha untuk selalu up to date dengan perkembangan teknologi digital yang terus berkembang.
Setalah membaca Artikel ini harusnya anda semakin paham bahwa usaha digital printing sangat komplek dan tidak semudah yang terlihat atau terbayang. Akan sangat bahaya jika anda masih menganggap bahwa bisnis cetak digital hanya berurusan dengan membeli mesin, jual murah dan untung.

Untuk menjadi pengusaha digital printing yang handal anda harus benar-benar mengerti akan dunia cetak digital dan itu bisa anda dapatkan jika terus mau belajar. Mari kita bersama-sama membangun industri grafika yang indah di Indonesia ini dan tetap semangat. Salam Kreatif

Produk Kami Lainnya :

Post a Comment

 
ibs(idblogsite)